Para wirausaha pastinya adalah orang yang terkait langsung dengan studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan bisnis memiliki manfaat yang sangat besar bagi para wirausaha untuk memulai usahanya. Studi kelayakan bisnis ini juga bisa digunakan oleh wirausaha untuk melengkapi pengalaman, asumsi, dan juga intuisi, sehingga usaha yang akan dijalankan tersebut bisa berkembang dengan lebih baik.

Garis Besar Studi Kelayakan Bisnis Untuk Wirausaha

sumber : amazonaws.com

Dalam studi kelayakan bisnis ini para wirausaha bisa mempelajari tentang bisnis yang akan dijalankan. Anda bisa meneliti sebuah rencana bisnis Anda, dengan melakukan analisa yang sudah ditentukan dalam studi kelayakan bisnis. Penelitian tersebut nantinya yang akan menentukan apakah bisnis yang akan dijalankan tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan. Selain mempelajari analisa rencana, dalam studi kelayakan bisnis ini juga bisa mengontrol operasional pada usaha yang sudah dijalankan. Sehingga bisnis bisa berkembang lebih baik.

Ruang lingkup studi kelayakan bisnis ini mencakup berbagai macam kegiatan yang menyeluruh terkait dengan bisnis yang akan atau sedang dijalankan, hingga pada proses evaluasi. Secara teknis ruang lingkup studi kelayakan bisnis dimulai dari kegiatan usaha, cara melakukan kegiatan usaha tersebut, evaluasi aspek-aspek yang bisa menentukan keberhasilan usaha secara menyeluruh, sarana dan prasarana yang dibutuhkan, hasil kegiatan usaha, semua biaya dalam mendapatkan hasil, perluasan usaha, dan jadwal penting dari setiap usaha.

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis untuk Wirausaha

sumber : amazonaws.com

Tentu saja penelitian ini akan memakan biaya, namun biaya yang harus Anda keluarkan tersebut akan relatif kecil apabila dibandingkan dengan resiko kegagalan proyek atau usaha Anda. Tujuan mengapa studi kelayakan perlu dilakukan sebelum mulai membangun sebuah bisnis atau proyek, yaitu:

Sebuah penilitian selalu membutuhkan biaya untuk menjalankannya. Namun, biaya untuk melakukan studi kelayakan bisnis ini sangat layak dijalankan, mengingat besarnya risiko usaha yang akan dijalankan. Berikut adalah tujuan dari studi kelayakan bisnis yang bisa dilakukan oleh para wirausaha.

Dapat Menghindarkan Risiko Kerugian

sumber : jurnal.id

Meminimalisir risiko kerugian menjadi salah satu tujuan adanya studi kelayakan bisnis ini. dimana kondisi seorang wirausaha di masa yang akan datang memiliki banyak faktor yang tidak menentu. Kondisi pasar, kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, dan lain sebagainya bisa berakibat pada penentuan hasil dari usaha yang dilakukan. Dengan studi kelayakan bisnis ini, para wirausaha bisa memprediksi kondisi yang akan terjadi di hari mendatanga, dan bisa melakukan berbagai macam strategi dengan lebih tenang.

Dapat Memudahkan Proses Perencanaan

Seperti penjelasan pada poin pertama, bahwa kondisi yang tidak menentu di masa-masa yang akan datang menjadi salah satu analisa yang dilakukan dalam studi kelayakan bisnis. Tentu saja hal ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam perencanaan usaha. Perencanaan tersebut bisa dalam bentuk modal yang digunakan, pelaksanaan usaha, tempat usaha, strategi kegiatan, bahkan bisa juga memperkirakan besarnya keuntungan yang akan didapatkan.

Dapat Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan

sumber : gandengtangan.co.id

Dari perencanaan yang sudah dilakukan tentunya akan semakin mempermudah bagaimana caranya untuk melaksanakan semua perencanaan tersebut. Anda bisa membuat sistem yang baik, dan menjadikannya sebagai sebuah pedoman dalam setiap melaksanakan kegiatan dalam usaha Anda. Ketika sistem Anda sudah tertata rapi, maka akan semakin mudah dalam pengembangan usaha.

Dapat Mempermudah Pengawasan

Setelah mendapatkan sebuah sistem dalam melaksanakan kegiatan usaha, tentunya dibutuhkan sebuah pengawasan yang mampu menjaga sistem agar tetap terjaga. Penyusunan metode pengawasan tersebut akan lebih mudah dilakukan seiring dengan semakin baiknya sistem yang telah dibuat di dalam usaha Anda.

Dapat Mempermudah Pengendalian

sumber : rapikan.com

Studi kelayakan bisnis memberikan berbagai macam hal yang jelas dalam setiap aspek kegiatan di dalam usaha. Sehingga akan sangat mudah ditemukan berbagai macam penyimpangan yang ada di dalam bisnis yang dijalankan. Anda ketika melihat hal tersebut bisa melakukan pengendalian lebih cepat, agar kondisi usaha tidak semakin buruk.

Studi kelayakan bisnis untuk wirausaha ini menjadi salah satu poin yang sangat penting untuk dijalankan. Agar Anda yang ingin berwirausaha benar-benar mengerti apa yang harus Anda lakukan dalam setiap kondisi dan situasi yang sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp