Sebuah studi kelayakan bisnis memberikan gambaran yang sangat baik pada rencana bisnis, kondisi, dan juga masa depan sebuah usaha. Di sisi lain, sebuah usaha menjadi salah satu roda perekonomian yang berkaitan dengan banyak pihak, mulai dari pemilik usaha, investor, pemerintah, dan tentunya masyarakat. Itulah mengapa studi kelayakan bisnis ini dibutuhkan tidak hanya oleh pemilik usaha, melainkan banyak pihak lain yang juga sangat membutuhkan adanya studi kelayakan bisnis ini.

Pemilik usaha

sumber : okeinfo.net

Jelas sekali bahwa pemilik usaha adalah orang yang mempunyai kepentingan langsung dari hasil analisa studi kelayakan bisnis. Adanya studi kelayakan bisnis ini, bisa menjadi modal yang sangat penting dalam berbagai macam tindakan yang dilakukan terkait dengan kondisi dan situasi dari usaha yang dijalankan.

Kreditur

Pihak bank atau keuangan lainnya sudah tentu tidak ingin kredit atau pinjaman yang diberikan mengalami hambatan karena proyek atau usaha yang akan direalisasikan ternyata tidak layak untuk dijalankan.

Melihat studi kelayakan bisnis akan menggambarkan bagaimana sebuah usaha bisa berjalan, dan bagaimana ketika menghadapi berbagai macam persoalan di masa yang akan datang. Hal itulah mengapa para kreditur atau pemberi pinjaman sangat membutuhkan studi kelayakan bisnis ini, sehingga mampu mengukur seberapa besar pinjaman yang bisa diberikan kepada pengusaha.

Pemerintah

sumber : amazonaws.com

Kebijakan menjadi salah satu faktor penentu dalam mengambil keputusan di dalam setiap usaha. Pemerintah juga selayaknya harus mengetahui berbagai macam kondisi yang ada di lapangan. Sehingga pemerintah tidak terkesan menghambat pertumbuhan dari para pengusaha yang ada. Itulah gunanya studi kelayakan bisnis yang juga harus dipelajari oleh pemerintah daerah maupun pusat.

Masyarakat

sumber : www.eduspensa.id

Masyarakat memiliki posisi yang sangat penting di dalam studi kelayakan bisnis. Dimana masyarakat ini bisa diposisikan sebagai konsumen yang akan membuat sebuah usaha bisa mendapatkan banyak pelanggan. Masyarakat ini juga bisa diposisikan sebagai sumber tenaga kerja yang bisa memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menjalankan setiap usaha. Oleh karena itu, masyarakat menjadi salah satu pihak yang sangat erat kaitannya dengan studi kelayakan bisnis.

Komponen Internal Studi Kelayakan Bisnis

sumber : www.mutiadiwan.com

Studi kelayakan bisnis berisi informasi-informasi yang komprehensif dan terperinci mengenai struktur bisnis Anda, produk dan layanan Anda, serta target pasar Anda. Penelitian ini juga memeriksa logistik tentang bagaimana Anda akan memberikan produk atau layanan, dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk membuat bisnis agar berjalan secara efisien. Berikut adalah beberapa komponen yang harus ada pada studi kelayakan bisnis Anda:

Dengan tidak mengindahkan beberapa pihak yang berkaitan dengan studi kelayakan bisnis, Anda harus bisa menentukan berbagai macam analisa dasar untuk studi kelayakan bisnis yang berasal dari internal perusahaan Anda. Analisa dasar tersebut merupakan komponen yang sangat penting dalam studi kelayakan bisnis.

Berikut komponen internal studi kelayakan bisnis:

Deskripsi Usaha

sumber : amazonaws.com

Bagian ini harus menjelaskan detail dari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Deskripsi usaha menjadi poin pertama yang harus bisa dijelankan sebagaik mungkin. Deskripsi ini menjelaskan bagaimana produk yang Anda miliki mudah diingat, mempunyai nilai tawar yang tinggi, unik, sehingga bisa menarik para konsumen.

Penelitian Kelayakan Pasar

Bagian ini menjelaskan berbagai macam hal yang berkaitan dengan kondisi pasar dimana usaha Anda akan berjalan. Potensi pasar, adanya kompetitor, segmentasi pasar, dan bagaimana produk yang akan dijual bisa diterus diterima di pasar.

Penelitian Kelayakan Teknis

Bagian ini berkaitan dengan aspek teknis, mulai ari bagaimana teknis pembuatam alat yang digunakan, proses pengiriman produk, tenaga kerja, dan hal-hal yang berkaitan dengan aspek teknis lainnya. Dari penelitian ini, Anda bisa menentukan seberapa besar sumber daya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan semua kegiatan tersebut.

Penelitian Kelayakan Finansial

Finansial ini berkaitan dengan semua biaya yang berkaitan dengan setiap usaha yang dilakukan. Sehingga dengan penelitian ini, Anda bisa mengerti bagaimana keuntungan yang diperoleh, prediksi di masa depan, dan lain sebagainya.

Penelitian Kelayakan Organisasi

Pada bagian ini berisi tentang bagaimana manajemen usaha Anda dibuat. Anda bisa menjelaskan setiap sumber daya manusia yang ada di dalamnya.

Ruang lingkup studi kelayakan bisnis ini menjelaskan bagaimana sebuah penelitian akan memberikan informasi yang dapat mempermudah semua aspek bisnis yang akan dijalankan. Karena itulah studi kelayakan bisnis menjadi senjata ampuh bagi seorang pengusaha, dan semua orang yang terlibat di dalamnya untuk menyusun strategi terbaik dalam mendirikan sebuah usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp