Ketika hendak mulai memasarkan produk Anda, apakah Anda yakin jika produk tersebut benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat? Untuk mengetahui hal tersebut, maka dibutuhkan riset pasar baik secara online maupun offline. Riset pasar dilakukan agar dapat memberikan masukan kepada pihak maanajemen sehingga tahu hal-hal apa yang perlu diperbaiki serta strategi pemasaran seperti apa yang tepat untuk dilakukan. Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari melakukan riset pasar ini.

sumber : pojokbisnis

Ketika Anda melakukan riset pasar Anda tentunya membutuhkan target yang sesuai dengan jasa/produk Anda. Misalnya saja jika produk yang Anda jual kosmetik maka tentunya target pasarnya adalah wanita. Dengan melakukan riset pasar Anda jadi tahu selera konsumen seperti apa. Cara melakukannya bisa melalui poling atau survey, atau bisa juga dengan menyediakan layanan kotak saran sehingga para calon konsumen tersebut bsia memberikan masukan pada produk yang ditawarkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan riset pasar

sumber : cpssoft.com

Hal apa sjaa yang penting untuk diperhatikan saat melakukan riset pasar? Pertama bangun produk dari saran maupun masukan konsumen. Saat Anda melakukan riset pasar, jangan sampai lupa menanyakan bagaimana saran maupun masukan dari target konsumen Anda. Dari hasil masukan tersebut, Anda dapat memperbaiki produk sehingga lebih baik lagi. Bahkan mampu mengunguli pesaing yang ada di pasaran. Tetapi jangan langsung menelan mentah-mentah masukan dari para kosnumen. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah sesuai dengan ciri khas produk, minat pasar ataupun perkembangan pasar saat ini.

sumber : winstarlink

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah melakukan riset pesaing atau kompetitor. Cari tahu bagaimana kondisi dari kompetitor. Lalu temukanlah ancaman atau tantangan dari bisnis yang Anda jalani. Lakukan analisis kompetitor dan pasar secara detail, seperti nama kompetitor, bagaimana strategi pemasarannya, harga yang ditetapkan dan lain-lain. Hal ini berguna supaya Anda mampu bersaing di pasaran.

Fungsi utama dari riset pasar yaitu evaluating, understanding dan predicting. Evaluating berguna untuk bisa mengevalusi program yang direncanakan sebelumnya. Kemudian understanding artinya berusaha memahami kebutuhan konsumen sehingga mampu menjadi insight penting untuk perusahaan. Yang terakhir adalah predicting berguna untuk memprediksi hasil yang mungkin bisa diperoleh. Sehingga berguna untuk penyusunan strategi baru oleh perusahan.

Riset Pasar Melalui Media Online

sumber : rapikan.com

Riset pasar tak hanya bisa dilakukan secara offline. Anda juga bisa menggunakan bantuan sosial media untuk melakukannya. Misalnya saja mengenai antusias konsumen terhadap suatu produk yang sejenis, bagaimana perkembangan pasar dan masih banyak lagi. Di sosial media seperti instagram, Anda dapat menemukan berbagai info yang dibutuhkan melalu hashtag.

Kemudian manfaatkan juga fasilitas yang disediakan oleh google dalam mendukung riset pasar. Ada banyak sekali tool yang dapat digunakan seperti google keywprd planner, google document, google trends dan lain-lain. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus memiliki akun google lebih dahulu. Caranya juga sangat mudah dan bisa digunakan secara gratis.

Tujuan dari melakukan riset pasar adalah supaya mampu mengetahui bagaimana pandangan konsumen pada produk yang Anda tawarkan. Hal ini menjadikan Anda bisa menentukan cara terbaik untuk melakukan strategi pemasaran produk atau jasa tersebut. Misalnya saja apakah produk tersebut lebih baik dijual secara online, offline atau keduanya. Apakah konsumen lebih banyak berbelanja melalui marketplace atau melalui website. Dengan mengetahui hal ini, Anda jadi bisa menempatkan produk yang Anda jual dengan tepat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp